Langsung ke konten utama

Sounding Your Story! #22hari220cerita

Indonesia Bercerita mempunyai misi Mendidik Melalui Cerita. Salah satu cara menjalankan misi ini adalah dengan membuat dan berbagi podcast (mp3) cerita anak secara GRATIS bagi siapa saja. Selain itu, kami juga melakukan upaya penyediaan materi dan pelatihan gratis yang berkaitan dengan cerita anak.

Saat ini, kami mengundang anda semua, kaum pencerita, untuk terlibat dalam misi yang sama dengan cara merekam dan berbagi podcast (rekaman) cerita anak untuk semua orang alias GRATIS. Harapannya, dengan banyaknya podcast cerita anak maka ada sumber cerita anak bagi orang tua, guru, pencerita dan pejuang muda di seluruh Indonesia.

22 hari 220 podcast cerita anak!
SOUNDING YOUR STORY!

Berani terlibat dalam misi Mendidik melalui Cerita ini?

Ayo bercerita, rekam cerita anak dan berbagi untuk Indonesia.

Petunjuk kuis? Klik di more


Cara ikut kuis #22Hari220Cerita?

Tweet cerita perbuatanmu yg bikin ibumu terharu. Pakai hastag #22hari220cerita dan mention ke @IDcerita. Kalau lebih dari 1 tweet, silahkan beri nomor tweet kamu

Mengapa Cerita Anak?

Cerita dan bercerita dapat
Interaktif: Mendidik anak aktif
Atraktif: Memudahkan anak fokus
Optimisme: Membangun semangat
Imajinatif: Memicu anak berimajinasi
Kreatif: Melahirkan solusi kreatif

Mengapa podcast (mp3) cerita anak?

Indonesia butuh banyak cerita anak dalam bentuk yang praktis digunakan dan disebarluaskan. Semakin tersebar luas podcast cerita anak maka semakin banyak anak Indonesia yang akan terkena dampak positifnya. Keunggukan mendidik melalui cerita dalam bentuk podcast (mp3) adalah:
Bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak memandang pendidikan, kelas sosial, golongan dan geografis
Mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja
Murah, relatif tidak butuh biaya besar
Mudah tersebar luas
Variatif, bisa dikembangkan sesuai kebutuhan

Siapa saja yang bisa terlibat dalam program ini?

Siapa saja. Penulis cerita anak, pencerita bahkan orang biasa yang mempunyai kepedulian terhadap masa depan anak Indonesia.

Apa tujuannya?
Membebaskan imajinasi dan membangun karakter anak Indonesia
Tersebarluasnya cerita yang membebaskan imajinasi anak dan membangun karakter bangsa
Membangun kebiasaan bercerita sebagai bagian utama dari pendidikan anak baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat luas

Kalau membuat podcast cerita anak, apa manfaatnya buat saya?

Dengan membuat podcast cerita anak,
Anda berkonstribusi mendidik anak Indonesia dan terlibat dalam membangun karakter bangsa
Banyak orang akan mengenal nama anda sebagai pencerita maupun penulis cerita anak. Bila pendengar tertarik, mereka bisa langsung menghubungi anda.

Apa saya bisa bercerita?

Setiap orang adalah pencerita. Yakin dengan kemampuan diri dan kuatkan antusiasme dalam bercerita itu kunci dasar dalam bercerita.

Apa cerita anak yang saya ceritakan?

Anda boleh membuat cerita sendiri atau bisa mengambil cerita anak dari sumber bebas selama anda menyebutkan sumbernya tersebut.

Cerita anak semacam apa yang boleh saya ceritakan?

Pada dasarnya bebas. Tetapi disarankan menghindari cerita yang mempunyai plot mistis/magis, semisal tokoh utama bisa selamat tanpa perlu usaha karena ada kekuatan mistis yang membantunya. (detilnya bisa lihat panduan penulisan cerita anak )

Bagaimana agar cara bercerita saya bisa menarik?

Kuncinya menjadi diri sendiri, antusias, dan interaktif

Apakah ada bantuan agar saya bisa bercerita secara efektif?

Kami sudah menyediakan free ebook Indonesia Bercerita yang berisi kekuatan cerita serta bagaimana bercerita. Ada pula materi tentang cara membuat cerita. Semuanya bisa diakses bebas di blog Indonesia Bercerita (http://blog.IndonesiaBercerita.org)

Berapa lama kira-kira durasinya?

Bebas. Tetapi disarankan antara 5 – 18 menit.

Bagaimana cara membuat podcast cerita anak?

Mudah caranya:

1. Rekam cerita anda

Anda bisa merekam cerita anda dengan menggunakan telepon genggam, blackberry, laptop (gunakan free software Audacity) atau bisa juga di studio.

2. Identitas

Pada bagian penutup cerita, rekam juga nama/lembaga anda, email/facebook/twitter (salah satu), dan sumber/orang yang mendukung rekaman anda.

3. Simpan atau kirim podcast anda

Anda bisa unggah sendiri podcast cerita anak ke media penyimpanan gratis (soundcloud.com, twaud.io, File Den.com, Upload Mp3.com, Dropbox, 4shared.com dll) . Apabila anda kesulitan, anda bisa kirimkan via email ke IDcerita@Gmail.com

Apakah setiap podcast cerita anak yang saya kirimkan akan ditampilkan?

Selama tidak mengandung muatan SARA, pornografi dan plot magis, semua podcast akan ditampilkan. Baca detilnya di panduan penulisan cerita anak

Apakah saya boleh menambahkan podcast cerita anak dengan musik atau bunyi-bunyi lain?

Boleh. Bunyi-bunyian bebas anda gunakan agar membuat cerita lebih menarik. Musik bisa digunakan selama memperhatikan hak cipta dari musik yang digunakan.

Apa peran Indonesia Bercerita?

Tim Indonesia Bercerita akan bertugas:
Membuat ulasan atas setiap podcast cerita anak sebagai panduan bagi orang memilih cerita yang tepat
Mengunggah podcast cerita anak beserta ulasannya
Mempromosikan podcast cerita ke semua orang

Bagaimana hak milik podcast cerita anak yang dikirimkan?

Podcast cerita anak yang dikirimkan berada dibawah creative common lisence, dapat disebarluaskan dan digandakan dengan menyebutkan sumbernya (penulis cerita anak, pencerita dan Indonesia Bercerita).

Kapan terakhir podcast cerita anak itu bisa saya kirimkan?

Lebih cepat lebih baik karena akan lebih besar kemungkinan untuk ditampilkan dan dinikmati oleh Indonesia. Tetapi paling akhir untuk ikut dalam program #22hari220cerita adalah 13 Januari 2011 pukul 22.00 WIB.

Saya bukan pencerita, bagaimana saya bisa membantu misi ini?

Walau bukan pencerita, anda bisa berkonstribusi dalam mewujudkan misi ini. Anda bisa belajar menjadi pencerita dan merekam cerita anak anda. Anda bisa membantu dengan cara yang lain:
Tuliskan cerita anak dan kirimkan ke IDcerita@gmail.com. Kami akan tawarkan bagi siapapun untuk merekamnya menjadi podcast cerita anak. Baca detilnya di panduan penulisan cerita anak
Ajak teman kamu untuk follow @IDcerita
Mention ke tokoh yang banyak followernya untuk mengajak followernya mengikuti #22hari220cerita
Copy Paste tulisan ini ke blog kamu atau notes Facebook kamu dengan menyertai link http://blog.indonesiabercerita.org
Bergabung dan ajak teman kamu bergabung di pages Facebook Indonesia Bercerita

Bagaimana Saya bisa berkumonikasi dengan tim Indonesia Bercerita?

Komunikasi bisa melalui

Twitter : @IDcerita

Email : IDcerita@gmail.com

Facebook : Indonesia Bercerita

Web : http://IndonesiaBercerita.org

Blog : http://blog.IndonesiaBercerita.org

Akhirnya,

Ayo bercerita, rekam cerita anak dan berbagi untuk Indonesia.

Indonesia Bercerita. Mendidik Melalui Cerita

Membebaskan Imajinasi Anak – Membangun Karakter Bangsa

Ayo Bercerita, Indonesia! #22hari220cerita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Mendaftarkan BPJS Kesehatan Single Identitas Dalam 1 Kartu Keluarga

  Setelah Bapak meninggal, saya berinisiatif untuk membuatkan Akta Kematian serta memperbaharui data e-KTP dan Kartu Keluarga emak. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan berlarut-larut. Yang menjadi kendala utama saya hadapi untuk mendaftarkan ke BPJS Kesehatan. Dalam salah satu prosesnya adalah untuk mendaftarkan autodebet. Di mana yang terlalu fokus pendebetan ini melalui rekening Bank. Pihak cs BPJS Kesehatan via twitter yang saya hubungi dalam beberapa jawaban tidak membantu sama sekali. Dan juga tidak mengarahkan alternatif autodebet ke rekan pembayaran selain Bank. Akan menjadi mudah juga jika emak masih bersama di dalam Kartu Keluarga dengan salah satu anak-anaknya. Di single identitas saat ini di dalam Kartu Keluarga versi data terbaru hanya ia seorang. Opsi via layanan keuangan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan yang menjadi pilihan berikutnya.  Yang pertama saya coba adalah Finpay Money, untuk dapat berjalan menggunakan transaksi autodebet, aplikasi ini mewajibkan m

Melihat Langsung Proses Produksi Mitsubishi Xpander di Deltamas Bekasi

Hi, saya mendapatkan kesempatan kembali untuk mengikuti acara plant tour, kali ini yang dikunjungi adalah PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) dan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Selain bersama teman-teman blogger yang lain, tidak lupa juga dalam acara ini hadir dari teman-teman komunitas pengguna mobil Mitsubishi dan wartawan otomotif. Kami semua diajak langsung untuk melihat proses produksi Xpander dengan standar kualitas global yang diaplikasikan di setiap prosesnya. Seperti plant lainnya, dalam kunjungan ini kami juga diberikan pengarahan safety induction sebelum mulai melihat secara langsung proses produksi. Kami disambut langsung oleh seluruh dewan direksi dari pihak MMKI dan Rifat Sungkar selaku brand ambassador yang secara detail menjelaskan fitur serta keunggulan dari Xpander. Dari foto-foto di atas, kami semua diajak berkeliling plant dimulai dari stamping plant, welding plant, assy plant hingga tahap mobil telah s

Mager Sambil Baca Kumparan Berita Online Indonesia Adalah Keseharianku Kini

Apa kabarnya kalian semua? Masih diberi kesehatan untuk menjalani hari-hari di tengah pandemi yang entah sampai kapan berakhirnya ini. Kini semua kegiatan hampir semuanya kita kerjakan cukup di rumah aja. Misalnya dari nonton konser online, menanam pohon, hingga bayar ini itu dan tentunya tidak ketinggalan untuk selalu baca kumparan berita online Indonesia. Saya sendiri selagi ingin kembali menekuni kegiatan menanam apotek hidup di pekarangan rumah. Selain cabe,tomat dan yang paling mudah adalah tanaman obat keluarga, daun miana yang berwarna keunguan yang berfungsi untuk mengobati luka ringan, cara penggunaannya juga cukup direndam ke dalam air panas yang selanjutnya ditempelkan ke luka. Di rumah aja dan tentunya tetap terus terkoneksi dengan internet, saya sih lagi asyik mencoba satu persatu produk telco digital yang dihadirkan oleh masing-masing provider. Untuk yang satu ini pedoman yang saya pegang adalah “lokasi menentukan prestasi”. Dengan asyiknya menggunakan layanan data dari