'data:blog.pageType == "item"'> Langsung ke konten utama

Sounding Your Story! #22hari220cerita

Indonesia Bercerita mempunyai misi Mendidik Melalui Cerita. Salah satu cara menjalankan misi ini adalah dengan membuat dan berbagi podcast (mp3) cerita anak secara GRATIS bagi siapa saja. Selain itu, kami juga melakukan upaya penyediaan materi dan pelatihan gratis yang berkaitan dengan cerita anak.

Saat ini, kami mengundang anda semua, kaum pencerita, untuk terlibat dalam misi yang sama dengan cara merekam dan berbagi podcast (rekaman) cerita anak untuk semua orang alias GRATIS. Harapannya, dengan banyaknya podcast cerita anak maka ada sumber cerita anak bagi orang tua, guru, pencerita dan pejuang muda di seluruh Indonesia.

22 hari 220 podcast cerita anak!
SOUNDING YOUR STORY!

Berani terlibat dalam misi Mendidik melalui Cerita ini?

Ayo bercerita, rekam cerita anak dan berbagi untuk Indonesia.

Petunjuk kuis? Klik di more


Cara ikut kuis #22Hari220Cerita?

Tweet cerita perbuatanmu yg bikin ibumu terharu. Pakai hastag #22hari220cerita dan mention ke @IDcerita. Kalau lebih dari 1 tweet, silahkan beri nomor tweet kamu

Mengapa Cerita Anak?

Cerita dan bercerita dapat
Interaktif: Mendidik anak aktif
Atraktif: Memudahkan anak fokus
Optimisme: Membangun semangat
Imajinatif: Memicu anak berimajinasi
Kreatif: Melahirkan solusi kreatif

Mengapa podcast (mp3) cerita anak?

Indonesia butuh banyak cerita anak dalam bentuk yang praktis digunakan dan disebarluaskan. Semakin tersebar luas podcast cerita anak maka semakin banyak anak Indonesia yang akan terkena dampak positifnya. Keunggukan mendidik melalui cerita dalam bentuk podcast (mp3) adalah:
Bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak memandang pendidikan, kelas sosial, golongan dan geografis
Mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja
Murah, relatif tidak butuh biaya besar
Mudah tersebar luas
Variatif, bisa dikembangkan sesuai kebutuhan

Siapa saja yang bisa terlibat dalam program ini?

Siapa saja. Penulis cerita anak, pencerita bahkan orang biasa yang mempunyai kepedulian terhadap masa depan anak Indonesia.

Apa tujuannya?
Membebaskan imajinasi dan membangun karakter anak Indonesia
Tersebarluasnya cerita yang membebaskan imajinasi anak dan membangun karakter bangsa
Membangun kebiasaan bercerita sebagai bagian utama dari pendidikan anak baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat luas

Kalau membuat podcast cerita anak, apa manfaatnya buat saya?

Dengan membuat podcast cerita anak,
Anda berkonstribusi mendidik anak Indonesia dan terlibat dalam membangun karakter bangsa
Banyak orang akan mengenal nama anda sebagai pencerita maupun penulis cerita anak. Bila pendengar tertarik, mereka bisa langsung menghubungi anda.

Apa saya bisa bercerita?

Setiap orang adalah pencerita. Yakin dengan kemampuan diri dan kuatkan antusiasme dalam bercerita itu kunci dasar dalam bercerita.

Apa cerita anak yang saya ceritakan?

Anda boleh membuat cerita sendiri atau bisa mengambil cerita anak dari sumber bebas selama anda menyebutkan sumbernya tersebut.

Cerita anak semacam apa yang boleh saya ceritakan?

Pada dasarnya bebas. Tetapi disarankan menghindari cerita yang mempunyai plot mistis/magis, semisal tokoh utama bisa selamat tanpa perlu usaha karena ada kekuatan mistis yang membantunya. (detilnya bisa lihat panduan penulisan cerita anak )

Bagaimana agar cara bercerita saya bisa menarik?

Kuncinya menjadi diri sendiri, antusias, dan interaktif

Apakah ada bantuan agar saya bisa bercerita secara efektif?

Kami sudah menyediakan free ebook Indonesia Bercerita yang berisi kekuatan cerita serta bagaimana bercerita. Ada pula materi tentang cara membuat cerita. Semuanya bisa diakses bebas di blog Indonesia Bercerita (http://blog.IndonesiaBercerita.org)

Berapa lama kira-kira durasinya?

Bebas. Tetapi disarankan antara 5 – 18 menit.

Bagaimana cara membuat podcast cerita anak?

Mudah caranya:

1. Rekam cerita anda

Anda bisa merekam cerita anda dengan menggunakan telepon genggam, blackberry, laptop (gunakan free software Audacity) atau bisa juga di studio.

2. Identitas

Pada bagian penutup cerita, rekam juga nama/lembaga anda, email/facebook/twitter (salah satu), dan sumber/orang yang mendukung rekaman anda.

3. Simpan atau kirim podcast anda

Anda bisa unggah sendiri podcast cerita anak ke media penyimpanan gratis (soundcloud.com, twaud.io, File Den.com, Upload Mp3.com, Dropbox, 4shared.com dll) . Apabila anda kesulitan, anda bisa kirimkan via email ke IDcerita@Gmail.com

Apakah setiap podcast cerita anak yang saya kirimkan akan ditampilkan?

Selama tidak mengandung muatan SARA, pornografi dan plot magis, semua podcast akan ditampilkan. Baca detilnya di panduan penulisan cerita anak

Apakah saya boleh menambahkan podcast cerita anak dengan musik atau bunyi-bunyi lain?

Boleh. Bunyi-bunyian bebas anda gunakan agar membuat cerita lebih menarik. Musik bisa digunakan selama memperhatikan hak cipta dari musik yang digunakan.

Apa peran Indonesia Bercerita?

Tim Indonesia Bercerita akan bertugas:
Membuat ulasan atas setiap podcast cerita anak sebagai panduan bagi orang memilih cerita yang tepat
Mengunggah podcast cerita anak beserta ulasannya
Mempromosikan podcast cerita ke semua orang

Bagaimana hak milik podcast cerita anak yang dikirimkan?

Podcast cerita anak yang dikirimkan berada dibawah creative common lisence, dapat disebarluaskan dan digandakan dengan menyebutkan sumbernya (penulis cerita anak, pencerita dan Indonesia Bercerita).

Kapan terakhir podcast cerita anak itu bisa saya kirimkan?

Lebih cepat lebih baik karena akan lebih besar kemungkinan untuk ditampilkan dan dinikmati oleh Indonesia. Tetapi paling akhir untuk ikut dalam program #22hari220cerita adalah 13 Januari 2011 pukul 22.00 WIB.

Saya bukan pencerita, bagaimana saya bisa membantu misi ini?

Walau bukan pencerita, anda bisa berkonstribusi dalam mewujudkan misi ini. Anda bisa belajar menjadi pencerita dan merekam cerita anak anda. Anda bisa membantu dengan cara yang lain:
Tuliskan cerita anak dan kirimkan ke IDcerita@gmail.com. Kami akan tawarkan bagi siapapun untuk merekamnya menjadi podcast cerita anak. Baca detilnya di panduan penulisan cerita anak
Ajak teman kamu untuk follow @IDcerita
Mention ke tokoh yang banyak followernya untuk mengajak followernya mengikuti #22hari220cerita
Copy Paste tulisan ini ke blog kamu atau notes Facebook kamu dengan menyertai link http://blog.indonesiabercerita.org
Bergabung dan ajak teman kamu bergabung di pages Facebook Indonesia Bercerita

Bagaimana Saya bisa berkumonikasi dengan tim Indonesia Bercerita?

Komunikasi bisa melalui

Twitter : @IDcerita

Email : IDcerita@gmail.com

Facebook : Indonesia Bercerita

Web : http://IndonesiaBercerita.org

Blog : http://blog.IndonesiaBercerita.org

Akhirnya,

Ayo bercerita, rekam cerita anak dan berbagi untuk Indonesia.

Indonesia Bercerita. Mendidik Melalui Cerita

Membebaskan Imajinasi Anak – Membangun Karakter Bangsa

Ayo Bercerita, Indonesia! #22hari220cerita

Pos populer dari blog ini

Medit Visit Ke Kantor OK-Jek

Sudah tahu dan kenal dengan Netmediatama? Stasiun televisi yang setiap konten tayangannya langsung banyak disukai oleh keluarga Indonesia. Saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke lokasi syuting sitkom OK-Jek yang berada di daerah Pejaten. Satu buah rumah disulap menjadi kantor OK-Jek. OK-Jek salah satu sitkom yang tayang di Netmediatama sejak tanggal 28 Desember 2015 pukul 19:00 Wib. Sudah familiar dengan karakter-karakternya? Di sitkom ini ada Oka Antara sebagai Iqbal (Iya pake Q), Ibnu Jamil sebagai Seno, Atiqah Hasiholan sebagai Asna, Dodit M sebagai Mas Mul.
Saat sampai di lokasi nggak lama Mas Mul juga datang langsung bersiap reading dengan lawan mainnya dan take scene. Berikut yang dapat saya abadikan





Dan berkesempatan juga untuk mengobrol dengan Ibnu Jamil dan Atiqah Hasiholan, berikut ringkasannya:
Q: Bagaimana awalnya bergabung dengan sitkom OK-Jek?
A: Kenapa saya bisa mendarat dan mengendarai OK-Jek. Pertama kali dapet telepon dari Aloy (salah satu team creative dari Netm…

Sinopsis Sang Kiai

Pendudukan oleh Jepang ternyata tidak lebih baik dari Belanda, Jepang mulai melarang pengibaran bendera merah putih, melarang lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat untuk melakukan Sekerei. K.H. Hasyim Asy'ari (Ikranegara) sebagai tokoh besar agamais saat itu menolak untuk melakukan Sekerei karena beranggapan bahwa tindakan itu menyimpang dari akidah agama Islam, karena sebagai umat Islam hanya menyembah kepada Allah SWT. Karena tindakannya yang berani itu, Jepang menangkap K.H. Hasyim Asy'ari. K.H. Wahid Hasyim (Agus Kuncoro Adi) salah satu putra beliau mencari jalan diplomasi untuk membebaskan K.H. Hasyim Asy'ari. Berbeda dengan Harun (Adipati), salah satu santri K.H. Hasyim Asy'ari yang percaya cara kekerasanlah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Harun menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan K.H. Hasyim Asy'ari. Tetapi Harun salah karena cara tersebut malah menambah korban jiwa. K.H. Wahid Hasyim dapat menenangkan diplmasi ter…

T-cash Kini Dilengkapi Dengan TAP Stiker

Sebagai pengguna layanan dari satu operator telekomunikasi, apapun yang ada promo dalam memudahkan kita berbelanja ataupun hanya sekedar untuk mengisi ulang pulsa, akan saya ikuti. T-cash sebagai salah satu layanan dari Telkomsel sudah sejak lama aktivasi dan gunakan. Berhubung sepinya promo saya sudah tidak mempergunakan lagi layanan ini. Kini yang bisa kita sebut dengan t-cash TAP kembali hadir denga berbagai promo penawaran yang menarik. Walau tidak digunakan, nomer telepon selular saya masih terdaftar dan langsung bisa aktivasi dan melanjutkan menggunakan t-cash TAP. Saldo yang tersisa dari saat pertama kali dan sering digunakan dulu hanya Rp. 2950. Salah satu ketertarikan saya untuk kembali menggunakan layanan t-cash ini adanya promo kerjasama dengan pihak bioskop cinema21 di hari Senin untuk bayar harga tiketnya cuma seharga Rp. 15.000. Hingga sekarang saya belum memanfaatkan promo ini. Untuk pengisian saldo t-cash bisa melalui ATM dari Bank yang telah bekerjasama dengan Telkom…