Langsung ke konten utama

Saya Sudah Pasang Aplikasi Kumparan, Kalau Kalian?


Kumparan dalam KBBI V berarti hasil menggulung; hasil menggelendong; gelendong. Dalam hal sebuah platform media terbaru, saya kutip melalui laman wikipedia, https://kumparan.com adalah platform media kolaboratif Indonesia sebagai wadah membaca, membuat, dan berbagai beragam berita dan informasi. Lebih dari sekadar media digital, kumparan mengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini. 

Secara umum dapat kita lihat kumparan.com ini kombinasi situs berita dan media sosial yang dibangun oleh orang-orang yang sebagian besar pernah bekerja di media online detik. Kumparan.com hadir sejak pertengahan tahun 2016. Serta menghadirkan aplikasi untuk perangkat android dan iOS-nya di bulan Januari 2017. 
Dari rilis hasil survey yang dilakukan oleh APJII (Tempo.co, 19 Februari 2018), kecendrungan pengguna internet di Indonesia didominasi penggunaan aplikasi chatting dan disusul dengan penggunaan sosial media. Saya membaca hasil survey ini tentunya pengguna internet di Indonesia terbesar mengaksesnya via selular atau mobile.

Mari kita coba aplikasi dari kumparan, berikut ini cara mengakses aplikasinya versi android versi saya, paling awal tentunya unduh terlebih dahulu dari PlayStore di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kumparan&hl=in bagi kalian yang menggunakan iOS silakan unduh di https://itunes.apple.com/id/app/kumparan/id1175997267?mt=8



Setelah aplikasi berhasil saya unduh, 3 slide sapaan akan menghampiri kita sebelum memulai.
  • Story baru setiap hari sesuai pilihanmu (berlangganan ke media dan pin topik favorit kita untuk menampilkan story pilihan)
  • Eksplor dan buat interaksi setiap waktu (Ikuti, komentari, dan sukai hal-hal seru dari teman-teman kita)
  • Bagikan ceritamu (bagikan ide dan kebahagiaan sesuka hati kita)






Beberapa pilihan media yang dapat kita ikuti beritanya dalam aplikasi kumparan, samakah pilihan kita?


Saya hitung, topik yang ada dan dipajang saat ini berjumlah 80-an. Tergantung dari berita apa yang sedang ramai saat ini. Tampak dalam screenshot ada nama personal yang hadir dalam topiknya tersendiri


Ada 2 pilihan yang disediakan untuk login ke aplikasi kumparan, saya lebih memilih login dengan akun google. Kalau kalian biasanya?


Dan.... inilah tampilan dari akun saya di aplikasi kumparan, saya telah mengikuti beberapa media dan topik pilihan yang ditampilkan di atas.



Halaman bagian kostumisasi media dan topik, ingin menambahkan atau mengurangi? Bisa banget tentunya!


Dalam my feed ini adalah akun dari orang lain yang ada di kumparan yang telah kita ikuti. Ada 2 orang teman yang sudah aktif menulis di kumparan.com. Yang satu lagi belum ada update dari tulisan terbarunya. saya segera menantikan update dari teman yang satu lagi ini. Teman kalian sudah ada yang aktif menulis di kumparan juga?


Rekomendasi berita yang hadir di aplikasi kumparan saya dari kumparanNEWS dengan headline berita hari ini (Kamis, 29 Maret 2018):
  • Jaksa: Setnov Minta bantuan Partai Demokrat Jika e-KTP Bermasalah
  • Ralat Berita: BPOM Rilis 27 Merek Makarel yang Mengandung Cacing
  • Longsor di Puncak Pass, Jalur ke Cianjur Ditutup Total
  • Sah! DPR Setujui Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI
  • Kala Isu Telur Palsu Resahkan Masyarakat



Dan ini halaman profile saya di aplikasi kumparan, jangan lupa diikuti yaaaa teman-teman. Tolong dibantu...prok..prok...

Berita yang lain dapat kita temukan dengan klik story, topik atau bahkan mengikuti pengguna yang lain dengan klik saja profilnya yang tampil.
"Bersemangat kolaborasi, mengedepankan interaksi, berbasis teknologi terkini" begitu tagline yang dihadirkan oleh aplikasi kumparan. Hal yang terpenting dari sebuah aplikasi berita adalah "notifikasi"-nya jangan lupa untuk diaktifkan, konten berita terbaru akan menyapa kita terlebih dahulu, sebelum kita mencarinya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Mendaftarkan BPJS Kesehatan Single Identitas Dalam 1 Kartu Keluarga

  Setelah Bapak meninggal, saya berinisiatif untuk membuatkan Akta Kematian serta memperbaharui data e-KTP dan Kartu Keluarga emak. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan berlarut-larut. Yang menjadi kendala utama saya hadapi untuk mendaftarkan ke BPJS Kesehatan. Dalam salah satu prosesnya adalah untuk mendaftarkan autodebet. Di mana yang terlalu fokus pendebetan ini melalui rekening Bank. Pihak cs BPJS Kesehatan via twitter yang saya hubungi dalam beberapa jawaban tidak membantu sama sekali. Dan juga tidak mengarahkan alternatif autodebet ke rekan pembayaran selain Bank. Akan menjadi mudah juga jika emak masih bersama di dalam Kartu Keluarga dengan salah satu anak-anaknya. Di single identitas saat ini di dalam Kartu Keluarga versi data terbaru hanya ia seorang. Opsi via layanan keuangan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan yang menjadi pilihan berikutnya.  Yang pertama saya coba adalah Finpay Money, untuk dapat berjalan menggunakan transaksi autodebet, aplikasi ini mewajibkan m

Melihat Langsung Proses Produksi Mitsubishi Xpander di Deltamas Bekasi

Hi, saya mendapatkan kesempatan kembali untuk mengikuti acara plant tour, kali ini yang dikunjungi adalah PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) dan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Selain bersama teman-teman blogger yang lain, tidak lupa juga dalam acara ini hadir dari teman-teman komunitas pengguna mobil Mitsubishi dan wartawan otomotif. Kami semua diajak langsung untuk melihat proses produksi Xpander dengan standar kualitas global yang diaplikasikan di setiap prosesnya. Seperti plant lainnya, dalam kunjungan ini kami juga diberikan pengarahan safety induction sebelum mulai melihat secara langsung proses produksi. Kami disambut langsung oleh seluruh dewan direksi dari pihak MMKI dan Rifat Sungkar selaku brand ambassador yang secara detail menjelaskan fitur serta keunggulan dari Xpander. Dari foto-foto di atas, kami semua diajak berkeliling plant dimulai dari stamping plant, welding plant, assy plant hingga tahap mobil telah s

SENIOR: Film Duo Detektif Remaja Beda Dunia

Judul: Senior (Runpee) Dibintangi oleh: Jannine Wiegel, Phongsakon Tosuwan, Sa-ad Piampongsan Disutradarai oleh: Wisit Sasanatieng Produksi: M-39 Genre: Drama/Horor Durasi: 111 menit Jadwal Tayang: 13 Januari 2016 di CGVblitz, Cinemaxx dan Platinum Cineplex Film ini bercerita tentang apa? Berikut sinopsisnya... Kisah sepasang detektif dari dua dunia yang berbeda bekerjasama untuk mengungkap pembunuhan yang terjadi 50 tahun yang lalu. Salah satu dari mereka bernama Adhiti (dengan nama panggilan Mon; entah dari Doraemon atau ikan Salmon) yang diperankan oleh Jannine Wiegel. Mon memiliki bakat rahasia yang terpendam, Ia dapat mencium kehadiran arwah orang yang telah meninggal di sekitarnya. Dan satu detektif lagi adalah hantu, dia adalah arwah dari kakak kelas (memilih dengan nama panggilan senior) diperankan oleh Phongsakon Tosuwan yang dikisahkan telah meninggal beberapa tahun sebelumnya. Tidak ada yang pernah melihatnya, term