Setelah Bapak meninggal, saya berinisiatif untuk membuatkan Akta Kematian serta memperbaharui data e-KTP dan Kartu Keluarga emak. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan berlarut-larut.
Yang menjadi kendala utama saya hadapi untuk mendaftarkan ke BPJS Kesehatan. Dalam salah satu prosesnya adalah untuk mendaftarkan autodebet. Di mana yang terlalu fokus pendebetan ini melalui rekening Bank.
Pihak cs BPJS Kesehatan via twitter yang saya hubungi dalam beberapa jawaban tidak membantu sama sekali.
Dan juga tidak mengarahkan alternatif autodebet ke rekan pembayaran selain Bank.
Akan menjadi mudah juga jika emak masih bersama di dalam Kartu Keluarga dengan salah satu anak-anaknya.
Di single identitas saat ini di dalam Kartu Keluarga versi data terbaru hanya ia seorang.
Opsi via layanan keuangan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan yang menjadi pilihan berikutnya.
Yang pertama saya coba adalah Finpay Money, untuk dapat berjalan menggunakan transaksi autodebet, aplikasi ini mewajibkan menjadi akun premium terlebih dahulu. Proses pendaftaran untuk menjadi premium telah saya ajukan di tgl 15 Januari 2022, namun di aplikasi ini tiba-tiba proses pengajuan berubah menjadi tgl 20 Januari 2022. Saya sempat berkirim email untuk mengetahui seberapa lama proses menjadi premium ini. Di tgl 2 Februari 2022 akhirnya resmi menjadi akun premium.
Proses pendaftaran di mobile JKN pun diulangi hingga bertemu (lagi) dengan pilihan autodebet. Dan kembali memilih Finpay Money yang kini telah menjadi akun premium. Sayangnya muncul notifikasi dengan pop up “Customer is register & paired” dengan logo tanda silang (terlampir). Begitu pun proses daftar autodebet BPJS Kesehatan via aplikasi Finpay Money langsung malah muncul notifikasi “Maaf, Anda tidak berhak melakukan transaksi ini. 17” (terlampir).
Untuk memudahkan transaksi sudah saya isi saldonya juga di aplikasi Finpay Money ini dengan sejumlah minimal tagihan yang diperlukan.
Karena tidak ingin menunggu lama, saya berganti mendaftarkan akun Emak via aplikasi rekanan BPJS berikutnya. DOKU ini saya sudah mengenal dan memiliki akun premiumnya telah lama, namun jarang saya gunakan. Untuk akun emak di DOKU ini tidak saya daftarkan langsung menjadi premium. Justru langsung saya coba fitur autodebet BPJS Kesehatan di aplikasi ini dan juga di JKN Mobile. Ternyata bisa dan berhasil begitu cepat untuk proses pendaftarannya ini.
Ada satu aplikasi keuangan rekanan lagi yang tidak saya coba, i.saku. Karena sudah berhasil untuk masuk dashboard utama JKN Mobile.
Adakah rekan-rekan lainnya mengalami hal seperti ini?
Komentar
Posting Komentar