'data:blog.pageType == "item"'> Langsung ke konten utama

HASDUK BERPOLA: Mengingatkan Akan Masa SD

Biasanya saya menulis seputar kegiatan Film Indonesia setelah saya mengikuti acara Screening, baik itu Gala Premiere, Press Screening atau pun Sneak Preview. Kali ini saya mencoba menceritakan satu Film Indonesia yang bertema tentang Nasionalisme & Patriotisme Kebangsaan yakni film HASDUK BERPOLA, film yang rencana awalnya tayang pada saat hari pahlawan 2012 mundur menjadi 21 Maret 2013. Mari kita simak Official Trailer dari HASDUK BERPOLA:


Dari tayangan awal yang diperlihatkan ada satu kegiatan di dalam PRAMUKA yang dikenal dengan istilah SEMAPHORE. Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan benderadayungbatang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan. (via wikipedia).

Dalam tayangan selanjutnya Budi (diperankan oleh Bangkit Prasetyo), bersiap menuju sekolah dengan pakaian pramukanya walau hanya menggunakan hasduk dari bahan yang lusuh dan tidak bermotif merah putih seperti seharusnya. Dari balik pintu, adiknya Bening (diperankan oleh Fay Nabila Rizka) tampak mengamati. 
Kakak Pembina Pramuka, Nuri (diperankan oleh Alisia Rininta) dan Sita (diperankan oleh Meitha Thamrin) mengumumkan akan mengadakan kegiatan JAMBORE, yakni  Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Teman-teman Budi tampak antusias menyambut acara JAMBORE, tidak dengan dirinya yang tertunduk lesu melihat hasduk yang dipakai olehnya. Selain Kak Nuri dan Kak Sita tampak juga Kak Nandi (diperankan oleh Calvin Jeremy) dan Kak Indra (diperankan oleh Petra Sihombing). 
Kakek dari Budi, Masnun (diperankan oleh Idris Sardi) seorang veteran perang yang telah berusia 79 tahun adalah salah satu pemberi semangat Budi untuk tetap mengikuti kegiatan JAMBORE, sang kakek sangat sayang kepada cucunya ini hingga sang Ibu, Rahayu (diperankan oleh Iga Mawarni) merasa sang kakek terlalu memanjakan Budi
Dalam film HASDUK BERPOLA ini Budi selalu berseteru dengan Kemal (diperankan oleh Azriel Nurvito Nusantara) yang sama-sama aktif di kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Bermacam cara dilakukan oleh Budi termasuk bekerja menjadi kuli panggul di pasar demi bisa membeli peralatan Pramuka yang akan digunakan saat JAMBORE nanti. 
Selain Bangkit Prasetyo dan Azriel Nurvito Nusantara terdapat 8 anak lagi pemeran dari teman-teman Budi dan Kemal, mereka adalah anak-anak berbakat dari Surabaya dan Bojonegoro. Di akhir dari trailer tampak kegiatan JAMBORE, mengingatkan akan masa SD saya saat mengikuti kegiatan ekstakurikuler Pramuka, yang paling saya ingat dari PERSAMI yang saya ikuti, saya tergabung ke dalam tim Garuda, lagu penyemangatnya pun saya masih dapat ingat.

"Dengan regu Garuda siap mengadu jiwa demi nusa dan bangsa..."

Informasi seputar film HASDUK BERPOLA dapat diikuti perkembangannya melalui Twitter: @HasdukBerpola dan Facebook fanspage: filmhasdukberpola. Semoga saya dapat menghadiri acara Gala Premiere dari film ini dan tentunya menambah koleksi undangan fisik Gala Premiere Film Indonesia yang saya kumpulkan.

Sumber gambar Semaphore saya ambil via pramukanet.org

Pos populer dari blog ini

Medit Visit Ke Kantor OK-Jek

Sudah tahu dan kenal dengan Netmediatama? Stasiun televisi yang setiap konten tayangannya langsung banyak disukai oleh keluarga Indonesia. Saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke lokasi syuting sitkom OK-Jek yang berada di daerah Pejaten. Satu buah rumah disulap menjadi kantor OK-Jek. OK-Jek salah satu sitkom yang tayang di Netmediatama sejak tanggal 28 Desember 2015 pukul 19:00 Wib. Sudah familiar dengan karakter-karakternya? Di sitkom ini ada Oka Antara sebagai Iqbal (Iya pake Q), Ibnu Jamil sebagai Seno, Atiqah Hasiholan sebagai Asna, Dodit M sebagai Mas Mul.
Saat sampai di lokasi nggak lama Mas Mul juga datang langsung bersiap reading dengan lawan mainnya dan take scene. Berikut yang dapat saya abadikan





Dan berkesempatan juga untuk mengobrol dengan Ibnu Jamil dan Atiqah Hasiholan, berikut ringkasannya:
Q: Bagaimana awalnya bergabung dengan sitkom OK-Jek?
A: Kenapa saya bisa mendarat dan mengendarai OK-Jek. Pertama kali dapet telepon dari Aloy (salah satu team creative dari Netm…

Sinopsis Sang Kiai

Pendudukan oleh Jepang ternyata tidak lebih baik dari Belanda, Jepang mulai melarang pengibaran bendera merah putih, melarang lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat untuk melakukan Sekerei. K.H. Hasyim Asy'ari (Ikranegara) sebagai tokoh besar agamais saat itu menolak untuk melakukan Sekerei karena beranggapan bahwa tindakan itu menyimpang dari akidah agama Islam, karena sebagai umat Islam hanya menyembah kepada Allah SWT. Karena tindakannya yang berani itu, Jepang menangkap K.H. Hasyim Asy'ari. K.H. Wahid Hasyim (Agus Kuncoro Adi) salah satu putra beliau mencari jalan diplomasi untuk membebaskan K.H. Hasyim Asy'ari. Berbeda dengan Harun (Adipati), salah satu santri K.H. Hasyim Asy'ari yang percaya cara kekerasanlah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Harun menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan K.H. Hasyim Asy'ari. Tetapi Harun salah karena cara tersebut malah menambah korban jiwa. K.H. Wahid Hasyim dapat menenangkan diplmasi ter…

T-cash Kini Dilengkapi Dengan TAP Stiker

Sebagai pengguna layanan dari satu operator telekomunikasi, apapun yang ada promo dalam memudahkan kita berbelanja ataupun hanya sekedar untuk mengisi ulang pulsa, akan saya ikuti. T-cash sebagai salah satu layanan dari Telkomsel sudah sejak lama aktivasi dan gunakan. Berhubung sepinya promo saya sudah tidak mempergunakan lagi layanan ini. Kini yang bisa kita sebut dengan t-cash TAP kembali hadir denga berbagai promo penawaran yang menarik. Walau tidak digunakan, nomer telepon selular saya masih terdaftar dan langsung bisa aktivasi dan melanjutkan menggunakan t-cash TAP. Saldo yang tersisa dari saat pertama kali dan sering digunakan dulu hanya Rp. 2950. Salah satu ketertarikan saya untuk kembali menggunakan layanan t-cash ini adanya promo kerjasama dengan pihak bioskop cinema21 di hari Senin untuk bayar harga tiketnya cuma seharga Rp. 15.000. Hingga sekarang saya belum memanfaatkan promo ini. Untuk pengisian saldo t-cash bisa melalui ATM dari Bank yang telah bekerjasama dengan Telkom…