Langsung ke konten utama

Short Trip to Ragunan Zoo

Masuk ke Ragunan cukup tap JakCard




Jadwal operasional Taman Margasatwa Ragunan dimulai jam 07.30-16.00, Selasa-Minggu. Tarif pelayanan masuknya bagi pengunjung dewasa Rp4000 dan anak-anak Rp3000. Untuk kendaraan;  motor Rp3000, mobil Rp6000,  sepeda Rp1000, bus sedang Rp12.500, dan bus besar Rp15.000. Tarif ini berlaku tiap hari. Untuk tarif masuk wahana; Children Zoo, tiket untuk dewasa atau anak-anak Rp2500, Pusat Primata Schmutzer, dewasa atau anak-anak Rp6500 (di tengah pekan), Rp7500 (di akhir pekan), Kuda Tunggang, Rp5000/ satu kali keliling, dan Unta Tunggang Rp7500/ satu kali keliling.
Semua opsi pembayaran hanya menggunakan JakCard yang dapat dibeli di tiap area masuk Taman Margasatwa Ragunan. Kartu JakCard dijual Rp65.000 dengan isi saldo sebesar Rp50.000 dan dijual Rp35.000 dengan isi saldo sebesar Rp20.000.


Selanjutnya saya akan membahas panduan bagaimana untuk menuju dan atau dari Ragunan ke tempat kalian.
Dari tol Jagorawi ambil jalan keluar menuju Jl. Tol Lingkar Luar Jkt/Jl. Tol Tahi Bonar Simatupang/Tol Pondok Pinang - TMII, tetap di kiri di pertigaan, ikuti rambu ke Cijantung/Ps. Minggu/Jkt-Serpong, selanjutnya ambil jalan keluar Jl. Term. Simatupang, masuk ke Jl. TB Simatupang, Belok kiri ke Jl. Kebagusan Raya, ikuti jalurnya hingga ketemu gerbang utama Kebun Binatang Ragunan.
Dari Stasiun Rangkasbitung menuju ke Taman Margasatwa Ragunan ada 2 pilihan titik, yang pertama turun di Stasiun Kebayoran, kemudian melanjutkan naik TransJakarta di halte Pasar Kebayoran Lama menuju ke Blok M, sesampai di Terminal Blok M di jalur 3, pindah ke jalur 2 untuk naik TransJakarta koridor 6N yang langsung menuju ke halte Ragunan.
Untuk titik yang kedua turun di Stasiun Tanah Abang dan melanjutkan ke Stasiun Sudirman, dari Stasiun Sudirman jalan kaki menuju halte Dukuh Atas 2, naik TransJakarta koridor 6 yang langsung menuju halte Ragunan.
Dari halte Ragunan untuk menuju ke Kota Tua ada 2 pilihan, yang pertama pilih TransJakarta koridor 6B yang menuju Monas via Semanggi, transit di halte Bank Indonesia untuk pindah bus koridor 1 hingga sampai Kota Tua, untuk pilihan yang kedua pilih TransJakarta koridor apa pun kemudian turun di halte Departemen Pertanian, melanjutkan naik mikrolet M17 menuju ke Pasar Minggu. Dari Stasiun Pasar Minggu naik KRL jurusan Kota. Begitu pun bagi kalian yang ingin melanjutkan ke Ancol, di halte Kota tinggal melanjutkan TransJakarta koridor 12 menuju ke Sunter Kelapa Gading, transit di Gunung Sahari untuk melanjutkan pindah ke TransJakarta koridor 5, 5H, 5E menuju ke Ancol.
Dari Stasiun Lenteng Agung menuju ke Ragunan ada 3 pilihan bagi kalian, yang pertama cukup naik JAK.44 Jak Lingko yang menuju ke Andara, turun di pertigaan kampung kandang dan tinggal jalan kaki melanjutkan ke Ragunan. Pilihan kedua naik mikrolet M17 menuju ke Pasar Minggu, turun di halte kementrian pertanian, jalan menuju halte Depertemen Pertanian dan melanjutkan via TransJakarta koridor apa pun yang langsung menuju ke Ragunan.
Pilihan ketiga langsung naik D21 yang menuju Lebak Bulus, turun di halte RSUD Pasar Minggu dan berjalan kaki ke halte Departemen Pertanian dan melanjutkan via TransJakarta koridor apa pun yang langsung menuju ke Ragunan.
Dari arah Penggilingan, Cakung menuju Ragunan membutuhkan waktu dengn estimasi 53 menit jika menggunakan mobil pribadi, 58 menit jika menggunakan motor dan 1 jam 48 menit jika menggunakan transportasi umum.
Karena menjadi pusat konservasi, banyak berbagai macam tumbuhan di Ragunan, salah satu yang saya temui ada pohon kecapi yang dekat dengan area kantin.

Harga tiket TransJakarta dari Rusun Benhil menuju ke Ragunan bisa cukup sekali bayar, Rp3.500 atau Rp7.000 tergantung pilihan jalur TransJakarta yang mau diambilnya. 

Jarak dari Pasar Tambun ke Kebun Binatang Ragunan adalah 33 km. Via kendaraan pribadi atau taksi luring dengan melalui Jalan Tol dapat ditempuh dengan estimasi 59 menit, via motor dapat ditempuh dengan estimasi 1 jam 18 menit. Dengan transportasi umum dapat ditempuh dengan estimasi 2 jam 8 menit.

Rute TransJakarta yang dapat ditempuh dari arah Kebun Binatang Ragunan menuju Jl. Cempaka Putih Tengah. Di halte ragunan pilih TransJakarta dengan koridor 6A menuju Monas via Kuningan. Transit di Monas untuk beralih ke TransJakarta koridor 2 menuju Pulo Gadung dan turun di halte Cempaka Tengah.

Sudah cukup jelas panduannya? Kalian sudah pernah berkunjung ke Ragunan atau belum?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Mendaftarkan BPJS Kesehatan Single Identitas Dalam 1 Kartu Keluarga

  Setelah Bapak meninggal, saya berinisiatif untuk membuatkan Akta Kematian serta memperbaharui data e-KTP dan Kartu Keluarga emak. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan berlarut-larut. Yang menjadi kendala utama saya hadapi untuk mendaftarkan ke BPJS Kesehatan. Dalam salah satu prosesnya adalah untuk mendaftarkan autodebet. Di mana yang terlalu fokus pendebetan ini melalui rekening Bank. Pihak cs BPJS Kesehatan via twitter yang saya hubungi dalam beberapa jawaban tidak membantu sama sekali. Dan juga tidak mengarahkan alternatif autodebet ke rekan pembayaran selain Bank. Akan menjadi mudah juga jika emak masih bersama di dalam Kartu Keluarga dengan salah satu anak-anaknya. Di single identitas saat ini di dalam Kartu Keluarga versi data terbaru hanya ia seorang. Opsi via layanan keuangan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan yang menjadi pilihan berikutnya.  Yang pertama saya coba adalah Finpay Money, untuk dapat berjalan menggunakan transaksi autodebet, aplikasi ini mewajibkan m

Melihat Langsung Proses Produksi Mitsubishi Xpander di Deltamas Bekasi

Hi, saya mendapatkan kesempatan kembali untuk mengikuti acara plant tour, kali ini yang dikunjungi adalah PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) dan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Selain bersama teman-teman blogger yang lain, tidak lupa juga dalam acara ini hadir dari teman-teman komunitas pengguna mobil Mitsubishi dan wartawan otomotif. Kami semua diajak langsung untuk melihat proses produksi Xpander dengan standar kualitas global yang diaplikasikan di setiap prosesnya. Seperti plant lainnya, dalam kunjungan ini kami juga diberikan pengarahan safety induction sebelum mulai melihat secara langsung proses produksi. Kami disambut langsung oleh seluruh dewan direksi dari pihak MMKI dan Rifat Sungkar selaku brand ambassador yang secara detail menjelaskan fitur serta keunggulan dari Xpander. Dari foto-foto di atas, kami semua diajak berkeliling plant dimulai dari stamping plant, welding plant, assy plant hingga tahap mobil telah s

Medit Visit Ke Kantor OK-Jek

Kantor dari OK-Jek Sudah tahu dan kenal dengan Netmediatama? Stasiun televisi yang setiap konten tayangannya langsung banyak disukai oleh keluarga Indonesia. Saya mendapatkan kesempatan berkunjung ke lokasi syuting sitkom OK-Jek yang berada di daerah Pejaten. Satu buah rumah disulap menjadi kantor OK-Jek. OK-Jek salah satu sitkom yang tayang di Netmediatama sejak tanggal 28 Desember 2015 pukul 19:00 Wib. Sudah familiar dengan karakter-karakternya? Di sitkom ini ada Oka Antara sebagai Iqbal (Iya pake Q), Ibnu Jamil sebagai Seno, Atiqah Hasiholan sebagai Asna, Dodit M sebagai Mas Mul. Saat sampai di lokasi nggak lama Mas Mul juga datang langsung bersiap reading dengan lawan mainnya dan take scene. Berikut yang dapat saya abadikan Dan berkesempatan juga untuk mengobrol dengan Ibnu Jamil dan Atiqah Hasiholan, berikut ringkasannya: Q: Bagaimana awalnya bergabung dengan sitkom OK-Jek? A: Kenapa saya bisa mendarat dan mengendarai OK-Jek. Pertama kali dap